Pengusaha:Fasilitas Bebas Pajak Tol Sesuai Sekali Bagi Proyek Luar Jawa

Pengusaha:Fasilitas Bebas Pajak Tol Sesuai Sekali Bagi Proyek Luar Jawa

Tax Consultant Jakarta – BPP (Badan Pengurus Pusat Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia) meminta pemerintah untuk mengambulkan wacana pembebasan pajak tol yang kabarnya akan diprioritaskan bagi beberapa proyek tol kurang layak secara bisnis. Andai Rukman Karumpa sebagai Sekretaris Jenderal Gapensi menilai bila langkah ini dapat efektif untuk mendorong investasi swasta di proyek tol juga mampu meningkatkan permintaan dari sektor konstruksi.

“Kita sangat menyambut wacana pemerintah untuk membebaskan pajak investasi tol, namun kita pun perlu mendorong terutama untuk proyek tol yang kurang layak bila dilihat dari segi bisnis” sambutnya.

Andi pun mengatakan bila pembebasan pajak ini bisa memberikan keringan investasi pada proyek-proyek yang kurang layak secara bisnis seperti proyek tol yang ada di luar Pulau Jawa. Mengapa demikian? Karena kegiatan perekonomian yang tumbuh dan berkembang di luar Pulau Jawa tidak sebagus dan setinggi di Pulau Jawa, maka dari itu proyek yang tengah dilakukan di luar Pulau Jawa selain memerlukan pendanaan jangka panjang, akan turut memerlukan insentif fiscal.

Sebagaimana yang diketahui jika pemerintah memiliki rencana untuk memberikan insentif pembebasan pajak yang kita kenal sebagai tax holiday untuk membantu meringankan biaya investasi proyek jalan tol, akan tetapi kebijakan tersebut hanya akan berlaku pada seluruh proyek baru tidak terkecuali dengan proyek yang dinilai kurang layak secara finansial.

Kemungkinan Dapat Menurunkan Tarif Tol

Herry Trisaputra Zuna selaku Kepala Bagian Pengatur Jalan Tol dari Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat mengatakan jika dalam konsep yang saat ini masih dikaji berhubungan dengan pemberian pembebasan pajak akan dilakukan untuk keseluruhan invenstasi tol yang baru.

Dengan pemberlakukan tersebut, Herry berharap jika beban biaya investasi bisa ditekan sehingga tarif jalan tol pun nantinya bisa ikut turun. Sekarang ini, sebanyak 21 proses pembangunan jalan tol yang baru masih dalam Proyek Strategis Nasional dan masih dalam tahap minim dan belum mencapai financial close supaya bisa memulai pembangunan.

Bila kebijakan tersebut diterapkan, maka proyke tersebut memiliki peluang untuk memperoleh fasilitas pembebasan pajak dan mayoritas dari proyek yang ada adalah proyek jalan Trans-Sumatra.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *