OPERASI BYPASS JANTUNG

Operasi jenis ini sering menolong penderita jantung koroner untuk bertahan hidup. Namun pertimbangkan sekali lagi, apakah kita harus mengambil keputusan untuk menjalani operasi ini?

KESEHATAN – Operasi jantung ByPass ini sendiri dilakukan untuk menemukan cara untuk mengganti saluran arteri yang telah tersumbat. Tentunya dokter spesialis bedah akan memanfaatkan pembuluh darah lain untuk menciptakan sebuah ‘Jalan Pintas’ di sekitar pembuluh darah yang tersumbat. Hal ini dapat mengembalikan alirah darah ke jantung.

Penderita jantung koroner tidak harus melewati fase operasi Bypass ini. Ada penelitian dari salah satu Universitas di Amerika, orang-orang yang terkena jantung koroner mampu mengendalikan penyakit mereka melalui olahraga, diet, dan cara hidup yang sehat, obat-obatan, perawatan tanpa operasi. Anda harus mengkonsultasikan kerugian dan keuntungan dalam menjalani operasi ini baru memutuskan perawatan yang cocok untuk anda.

KEUNTUNGAN OPERASI BYPASS

Menyembuhkan jantung koroner dengan cepat. Bisa beraktivitas dalam jangka waktu 10-15 tahun, dan bisa melakukan operasi lagi jika mengalami penyumbatan. Jika pasien jantung kotoner sudah termasuk parah, (Arteri dan vena tersumbat mengakibatkan jantung lemah) maka, Operasi Bypass adalah cara dapat memperpanjang hidup penderita.

KERUGIAN OPERASI BYPASS

Operasi pastinya ada resikonya. Salah satunya menyebabkan komplikasi yang parah. Menurut sebuah laporan Jurnal Kardiologi Univeritas di Amerika, dari 100%, 3% diantaranya menderita stroke selama operasi. 3% lainnya ketajaman mental menurun. Kerusakan ginjal juga akan meningkat. Pastinya juga ada sebagian kecil tidak dapat bertahan hidup dari operasi ini. Meskipun angka kematian kurang dari 1% (Pasien dibawah 65 tahun) tapi itu tetapi tetap masih berpotensi pada kematian.

Perlu diingat, operasi satu ini bukanlah sebuah obat yang dapat menyembuhkan. Jika pasien tidak menjaga hidupnya pasca melakukan operasi Bypass ini, maka, arteri baru yang terpasang juga akan mengalami nasib yang sama dengan sebelumnya.

 

MENGHINDARI OPERASI JANTUNG, SAYA MAU MENGUBAH GAYA HIDUP!

Pandangan mengenai ini memang sangat benar, tetapi jangan lupa, kita tidak tahu kondisi jantung pasien. Jika jantung pasien masih bisa ditanggulangin dengan mengubah cara hidup, kenapa tidak?

Namun sebaliknya, ketika anda mengalami penyakit jantung yang akut dan memerlukan tindakan operasi, lebih baik mendengarkan saran dari dokter. Konsultasikan sekali lagi kepada dokter spesialis yang menangani anda.=

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *