Cara Luar Biasa Puasa Intermiten Untuk Tubuh Dan Otak Anda

Aneh rasanya berpikir bahwa mencabut kebutuhan hidup Anda sendiri mungkin merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengubah kesehatan Anda. Namun, manfaat puasa senin kamis untuk kesuksesan semakin banyak bukti untuk gagasan bahwa puasa dapat memiliki manfaat kesehatan yang kuat baik untuk tubuh maupun otak.

Cara Luar Biasa Puasa Intermiten Untuk Tubuh Dan Otak Anda

Ada banyak bentuk puasa yang berbeda , mulai dari periode yang panjang tanpa makanan hingga makan lebih sedikit secara konsisten (mungkin memotong asupan kalori hingga 20%) menjadi puasa intermiten atau periodik.

Tetapi dari semua jenis puasa, puasa intermiten sangat mungkin yang paling populer dan tentu saja yang paling trendi. Penganut selebriti termasuk Hugh Jackman , Tim Ferriss , dan Beyonce . Di Silicon Valley, seluruh kelompok biohackers yang memiliki self-optimization-obsessed bertemu untuk bersama-sama berbuka puasa sekali seminggu, dan para eksekutif di perusahaan seperti Facebook mengatakan puasa telah membantu mereka menurunkan berat badan dan memiliki lebih banyak energi.

Bagian yang sulit tentang mengklasifikasikan “puasa intermiten” adalah bahwa ada sejumlah bentuk berbeda dari puasa semacam ini. Regimen puasa intermiten bervariasi mulai dari membiarkan diri Anda mengonsumsi kalori hanya dalam rentang waktu tertentu dalam sehari, mungkin antara enam dan 12 jam, makan dengan normal lima hari seminggu dan secara dramatis mengurangi kalori pada dua hari puasa, untuk mengambil istirahat 36 jam dari makanan setiap minggu.

Bentuk-bentuk berbeda yang dapat dihasilkan oleh puasa ini berarti bahwa banyak penelitian yang menunjukkan manfaat mungkin benar untuk salah satu puasa ini tetapi tidak harus yang lain. Namun ada penelitian yang baik pada beberapa puasa yang menunjukkan bahwa manfaat dari puasa intermiten melampaui penurunan berat badan. Mungkin ada perbaikan kesehatan memerangi penyakit jangka panjang yang nyata.

Inilah yang kami ketahui sejauh ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat melakukan lebih dari sekadar membantu orang menurunkan berat badan; itu juga dapat meningkatkan tekanan darah dan membantu proses tubuh lemak.

Untuk satu penelitian kecil , peneliti memiliki peserta yang kelebihan berat baik memotong kalori setiap hari atau makan normal lima hari seminggu dan hanya mengonsumsi 600 kalori pada dua hari puasa mereka.

Kedua kelompok berhasil menurunkan berat badan dengan sukses, tetapi mereka yang dikenal dengan diet 5: 2 sedikit lebih cepat (meskipun tidak jelas apakah diet akan selalu membantu orang menurunkan berat badan lebih cepat).

Lebih penting lagi, mereka yang berasal dari kelompok puasa intermiten membersihkan lemak dari sistem mereka lebih cepat setelah makan dan mengalami penurunan 9% tekanan darah sistolik (kelompok “diet reguler” mengalami sedikit peningkatan tekanan darah).

Dalam studi lain , di mana para peneliti sengaja memberi orang cukup makanan sehingga mereka tidak akan kehilangan berat badan, dokter menemukan bahwa pengencang intermiten yang memakan semua kalori mereka dalam satu jendela meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah.

Penelitian lain menunjukkan puasa intermiten dapat mengurangi risiko untuk bentuk kanker, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan.

Penelitian kecil lainnya tentang diet 5: 2 yang sama dan diet berpuasa intermiten lainnya telah menunjukkan bahwa bentuk puasa intermiten ini terkait dengan perubahan fisik yang dapat menyebabkan berkurangnya risiko kanker , terutama untuk kanker payudara .

Lebih banyak penelitian di bidang ini diperlukan, tetapi ini adalah hasil yang menjanjikan, Mark Mattson , seorang ahli saraf di Institut Nasional Penuaan di National Institutes of Health, sebelumnya mengatakan kepada Business Insider .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *